Akhir Pekan Riau Berpotensi Hujan Lebat Disertai Petir

Sabtu, 18 Mei 2024

PEKANBARU, TRANSMEDIARIAU.COM -  Hujan dengan intensitas ringan hingga lebat disertai petir berpotensi mengguyur Riau hari ini, Sabtu (18/05/2024).

Forecaster on Duty BMKG stasiun Pekanbaru Putri Santy mengatakan, selain cuaca cerah berawan hujan ringan sudah mengguyur Riau sejak pagi hari dan akan berlangsung hingga malam hari.

"Hujan bersifat tidak merata hanya terjadi di sebagian wilayah Riau saja," ujar Putri.

Ia mengatakan pada pagi hari cuaca cerah berawan. Hujan ringan akan mengguyur sebagian wilayah Indragiri Hilir.

Kemudian pada siang hingga sore hari hujan dengan intensitas ringan yang tidak merata terjadi di Sebagian wilayah Kabupaten Pelalawan, Bengkalis, Indragiri Hulu, Indragiri Hilir, Kampar, Rokan Hulu, Kepulauan Meranti, dan sebagian Kota Pekanbaru.

"Selanjutnya pada malam hari, hujan dengan intensitas ringan hingga sedang diprakirakan terjadi di sebagian wilayah Kampar dan Rokan Hulu," katanya.

Pada dini hari, potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Riau. Seperti di sebagian wilayah Rohul dan Rohil.

"Waspada hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang diprakiran terjadi di sebagian wilayah Indragiri Hilir, Pelalawan, Kepulauan Meranti, Kampar, dan Rokan Hulu pada siang dan sore hari," katanya.

Suhu udara Riau hari ini berada di angka 23.0 – 33..0 °C dengan kelembapan Udara 55 – 98%. Sementara arah angin berhembus ke Barat Laut – Timur Laut dengan kecepatan 10 - 30 km/jam.

Prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.01 – 0.50 m (Rendah).

"Prakiraan tinggi gelombang di Wilayah perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.01 – 0.50 meter (Tenang). Waspada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir/kilat di wilayah perairan Kepulauan Riau, Riau dan utara Bangka," katanya.**