Putuskan Maju Pilgubri, Syamsuar Pede Kembali Jadi Gubernur

Senin, 20 Mei 2024

PEKANBARU, TRANSMEDIARIAU.COM -  Mantan Gubernur Riau Syamsuar menjadi perbincangan hangat setelah tiba-tiba memutuskan maju di Pemilihan Gubernur Riau (Pilgubri) 2024. Mantan Bupati Siak ini percaya diri (Pede) kembali menjadi gubernur.

Syamsuar seolah mengecoh banyak pihak termasuk kandidat di internal Golkar, dengan tidak menunjukkan pergerakan apapun di saat kandidat lain sibuk mencitrakan diri.

Setelah dipastikan duduk sebagai anggota DPR RI terpilih, pergerakan politik Syamsuar tak terlihat. Ia dinilai akan tetap menjadi anggota DPR dan tidak akan maju kembali di Pilgubri.

Dugaan itu diperkuat oleh statemen Nazarudin, Wakil Bupati Pelalawan yang juga Wakil Ketua DPD 1 Golkar Provinsi Riau Bidang Organisasi beberapa waktu lalu. Saat itu, Nasarudin mengaku, Syamsuar tidak maju lagi di Pilgubri.

Syamsuar dikonfirmasi soal itu, mengatakan, muncul belakangan di saat politisi lain sibuk tampil, merupakan gaya gerakan politiknya. Ia mengaku memang sengaja tampil belakangan.

"Saya sudah gubernur juga. Sampai sekarang masih banyak yang masih manggil saya gubernur. Tapi biasanya yang baru muncul tu menang," kata Syamsuar, Senin (20/05/2024).

Meski dihadapkan dengan kewajiban mundur dari kursi empuk DPR RI jika memutuskan di Pilgubri, Syamsuar mengaku siap. "Saya siap mundur, kalau itu keputusan KPU. Kemarin saya jadi gubernur maju Pileg kan mundur juga," katanya lagi.

Ia mengatakan, untuk calon wakil sejauh ini masih belum diputuskan, namun masih terus diupayakan dengan membangun komunikasi dengan semua pihak.**