Peningkatan Kompetensi Guru Berbasis TIK dalam Pembelajaran

Selasa, 11 Juni 2024

TRANSMEDIARIAU.COM - Penggunaan teknologi dalam pembelajaran memiliki potensi besar untuk meningkatkan kualitas pendidikan, namun manajemennya harus dilakukan dengan bijaksana agar menghasilkan dampak positif yang optimal

Meningkatkan aksesibilitas teknologi memungkinkan akses pendidikan yang lebih mudah bagi guru yang terbatas oleh faktor geografis atau fisik,dengan platform pembelajaran online, guru dapat mengakses perangkat ajar kapan saja untuk mendesain pembelajaran yang menarik.

Filosofi pendidikan Ing ngarso sung tulodo, Ing madyo mangun karso, tut wuri handayani dari Ki Hajar Dewantara menjadi inspirasi dari digulirkannya kebijakan program Merdeka Belajar oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun 2020. Filosofi pendidikan ini memiliki pesan bahwasanya lingkungan pendidikan menumbuhkan kemerdekaan dan kemandirian dalam pembelajaran. 

Merdeka Belajar memberi semangat perubahan dalam Transformasi pendidikan merupakan proses pengembangan, pembaruan, dan penyesuaian paradigma pendidikan dengan tuntutan jaman. “SDM pendidikan (pendidik dan tenaga kependidikan) yang unggul, kreatif, dan inovatif  untuk menentukan cara terbaik menerapkan metode pembelajaran.

Berbagai alat teknologi seperti aplikasi pembelajaran interaktif, Game edukasi (quizizz ) video pembelajaran,canva dan google form  memungkinkan adopsi model pembelajaran yang lebih personal dan adaptif. Dengan data analitik, guru dapat memahami kebutuhan belajar individu siswa dan menyajikan materi pembelajaran yang disesuaikan dengan tingkat pemahaman dan minat mereka.

Pengintegrasian TIK ke dalam proses pembelajaran diperlukan untuk mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa, mengembangkan keterampilan untuk meningkatkan efektivitas, efisiensi dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, guru sebagai penggerak Dalam pembelajaran abad 21 ini di tuntut memiliki kompetensi keahlian 1.  Critical Thinking (Berpikir Kritis) 2. Collaboration (Kolaborasi) 3. Communication (Komunikasi)  4.  Creativity (Kreativitas )

Untuk mengoptimalkan peningkatan kompetensi guru Kepala Sekolah bersama guru membentuk Komunitas belajar yang bertujuan untuk berbagi praktik baik mencapai kompetensi setiap program yang telah di susun sesuai kebutuhan sekolah dalam tahun pelajaran berjalan.

Selanjutnya dengan bekal pemamfaatan aplikasi canva guru bisa mendesain pembelajaran yang menarik minat belajar siswa dan juga sangat mudah menganalisis hasil asesmen belajar siswa dengan mengunakan Google form.

Penulis
M. Haris
Mahasiswa Magister Pedagogi
Sekolah Pasca Sarjana Universitas Lancang Kuning Juni,10,2024