DP2KBP3A Rohil Resmikan Sekolah Lansia Tangguh Al Wardah di Labuhan Tangga Hilir

Selasa, 11 Juni 2024

ROHIL, TRANSMEDIARIAU.COM - Pemerintah Daerah Kabupaten Rokan Hilir melalui Dinas Penengdalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) melakukan Peresmian dan Pengukuhan Perdana Sekolah Lansia Tangguh Al Wardah Desa Labuhan Tangga Hilir, Kecamatan Bangko Kabupaten Rokan Hilir, Propinsi Riau, Peresmian dan Pengukuhan tersebut dilaksanakan di lapangan Posyandu, kepenghuluan Labuhan Tangga Hilir, Selasa (11/6/2024).

Turut hadir dalam acara peresmian dan pengukuhan ini, Kepala OPD, Plt Datuk Penghulu Labuhan Tangga Hilir Andi Aurit, dan Penghulu se-kecamatan Bangko, Kapus UPT Puskesmas Kepenghuluan Bagan Punak, PPKK Kecamatan Bangko dan PKK Kepenghuluan dan perangkat kepenghuluan.

Plt Kadis DP2KBP3A Wiwik Sita  menjelaskan, bahwa  peresmian dan pengukuhan sekolah Lansia tersebut perdana dilakukan, dengan tujuan sebagai percontohan di Desa Labuhan Tangga Hilir yang merupakan program dari BKKBN Provinsi Riau untuk semua kabupaten.

"  Kita memang hari ini mengadakan perdana sekolah lansia, adalah program dari BKKBN Provinsi Riau semua kabupaten, harus membuat sekolah lansia yang tujuannya nanti ini sebagai percontohan di Desa Labuan Tangga Hilir ini. Nanti kalau misalnya keperluan yang lain ingin membuka sekolah lansia juga bisa melapor ke kami," Ucap Wiwik Sita.

Kemudian sebut Wiwik Sita, apabila di suatu kelurahan dan Kepenghuluan mau membuka sekolah lansia kami akan ke lapangan mengunjungi desa tersebut. misalnya, nanti pengumuman berkaitan mau buka sekolahan kami akan ke sana, dan juga dari kepenghuluan Raja Berjamu juga tadi hadir. nanti kami akan memberikan semacam pengarahan dan juga narasumber bagi para lansia yang mungkin nanti akan dibuka di beberapa kecamatan yang lainnya.

" Jadi hari ini kita perdana peresmian dan pengukuhan sekolah lansia Al Wardan sebagai contoh bagi kecamatan dan kepulauan lainnya. Ini sebenarnya kegiatan program BKKBN tujuannya agar para lansia kita tetap mempunyai semangat hidup untuk depannya. Dan juga Bagaimana nanti pemikirannya. kita kasih keterampilan dan juga semacam ada untuk supaya fisiknya tetap kuat dan  memberikan semacam olahraga tapi tidak sama seperti senam yang dilakukan para remaja putri atau ibu-ibu yang berolahraga, tapi olahraga untuk lansia," Tutur Wiwik Sita.

Lanjut Buk Wiwik Sita Jadi tujuannya, bagaimana nanti para lansia bapak-bapak dan ibu-ibu kita yang sudah berumur 60 tahun keatas bisa memacu semangat hidupnya dan bisa menambah panjang umurny kedepan. Itulah tujuannya, bagaimana mereka harus semangat untuk menjalani hidup kedepannya, mungkin itu saja untuk sekolah lansia ini.

Untuk ke depannya, cuman kita berharap untuk kecamatan lain juga akan dibuka akan berkembang nanti ada beberapa kali pertemuan, nanti ada setelah ini kami akan mungkin mencari narasumber, setelah itu nanti para peserta lansia akan kami undang di mana tempat untuk mengajarnya, memberikan pengarahan kami berharap di kecamatan lainnya juga akan banyak akan turun untuk membuka sekolah lansia yang dimaksud. sekolah-sekolah lansia yang lainnya di beberapa kecamatan se-Rokan Hilir, kami pelan-pelan akan bimbing lansia tersebut. 

Sekalian lagi saya sampaikan, sekolah lansia ini merupakan program dari BKKBN provinsi Riau dan karena kita di Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana kita mendapat surat edaran membuka sekolah lansia, sebenarnya program pusat dari pusat turun ke provinsi-provinsi turun kabupaten dan kota.

" Seperti kabupaten Meranti sudah ada, yang nanti launching sekolah lansia di kabupaten Inhil, Siak dan Dumai mereka sudah berbuat jadi kita mengikuti kabupaten lainnya. memang di setiap kabupaten harus punya sekolah lansia," Ujar Wiwik Sita.

Sementara itu, Plt Datuk Penghulu Labuhan Tangga Hilir Andi Aurit menyampaikan ucapan terimakasih kepada instansi terkait atas adanya peresmian dan pengukuhan sekolah lansia Al Wardah di kepenghulan Labuhan Tangga Hilir sebagai contoh sekolah lansia yang ada di kabupaten Rokan Hilir. 

" Kita berharap juga, dengan adanya sekolah lansia ini, supaya orang-orang tua agar mempunyai kegiatan dan tidak hanya berdiam diri di rumah saja, kita berharap juga kedepannya, supaya lebih meningkatkan lagi untuk kegiatan sekolah lansia dan kita berharap pemerintah juga ikut lebih giat membantu dalam pendanaan sekolah, harapannya agar kedepannya kita lebih bisa untuk memajukan desa-desa di kabupaten Rokan Hilir yang kita cintai," Tutur Andi Aurit.

Pada kesempatan ini, Kepala sekolah lansia Tangguh Al Wardah Juliana  mengungkapkan, sekolah lansia wajibkan oleh BKKBN provinsi untuk membentuk sekolah lansia dan ini sudah melaksanakannya, maka pada hari ini kita melaksanakan di lapangan posyandu, dan makanya kami bentuk untuk membuat sekolah lansia. 

" Sementara untuk materi sekolah lansia kita meminta materinya, seperti yang pertama ini kita minta dari Dinas Kesehatan yaitu dari puskesmas. Dari kesehatan bagaimana memberikan kesehatan di usia lanjut, untuk siswa-siswi harapan kedepannya. Semoga dengan dibentuknya sekolah lansia warga lansia di kecamatan Bangko khususnya di Ke Hilir, semangat dan sehat menjalani masa tuanya. dan untuk Umur siswa-siswi kita terdiri dari usia 55 tahun hingga ada yang berusia 75 tahun," Ungkap Juliana. (Aman)